Jumat, 23 Januari 2015

Sejarah Sosial Media



Sejarah Sosial Media
Sosial media  adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media social merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang dapat berkomunikasi sesama user (pengguna) secara tidak langsung dan dibutuhkan koneksi internet untuk dapat melakukan komunikasi ini. Di sini user atau pengguna dapat berbagi informasi berupa, kejadian, berbagi foto, dan dapat juga untuk menambah wawasan serta bisa juga sebagai ajang untuk mencari atau menambah teman.
Sejarah sosial media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.

Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.

Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. 

Pada tahun 2002 Friendster menjadi sosial media yang sangat booming dan kehadirannya sempat menjadi fenomenal. Setelah itu pada tahun 2003 sampai saat ini bermunculan berbagai sosial media dengan berbagai karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.

Fungsi Sosial Media
Dari hasil definisi dan sejarah sosial media maka dapat saya simpulkan untuk fungsi dari sosial media berikut, yaitu:

1.      Berwiraswasta
Bagi mereka yang memiliki bakat di bidang jualan atau yang memiliki hobi membuat kerajinan yang berhasil guna, maka socmed benar-benar sangat membantu, baik itu dalam mempromosikan hasil karyanya, maupun dalam penjualan. Mereka tidak perlu susah-susah menggelar dan menawarkan produknya, cukup dipajang disocmed, maka para konsumen akan datang sendiri. Namun tetap harus sabar diawal ketika belum memiliki banyak teman atau relasi.

2.      Memperbanyak teman
Dengan banyaknya teman dari berbagai daerah, maka akan semakin luas juga pengetahuan kita tentang daerah dan budaya diluar dari lingkungan kita. Apalagi sekarang socmed terus berinovasi tidak terbatas hanya pada teman-teman sekolah, teman sekantor. Sekarang kita bisa dengan mudah mencari teman diluar negeri, secara acak maupun dengan negara atau bidang dan minat tertentu. Apa dan dimana minat kita, maka dengan mudah kita bisa mencari teman dan mendapat informasi darinya.

3.      Grup Perkumpulan
Perkumpulan ini sebagai wadah bagi mereka untuk bersilaturrahim dari suatu asal atau minat yang sama. Contohnya teman-teman sekolah/kuliah, teman satu kantor atau teman-teman dengan profesi yang sama. Perkumpulan ini memudahkan untuk berbagi informasi/pemberitahuan tentang kegiatan, rapat, reuni bahkan undangan pernikahan.
4.      Menambah Ilmu Pengetahuan
Fungsi ini yang paling jempol, contohnya seperti Motivator, beruntung dizaman yang serba canggih ini kita bisa dengan mudah mengakses motivasi jika kita sedang down. Kapan saja dan dimana saja.
Pendakwah. Sebuah dakwah harusnya dikeluarkan dengan ikhlas, karena itu kita harus berhati-hati jangan sampai dakwah yang kita sampaikan membuat kita riya dan ujub.
Banyak cara untuk menampilkan sebuah dakwah, dapat berupa tausiah panjang, pendek, sebaris kalimat, quote maupun gambar. Beruntung masih ada orang-orang baik yang peduli dengan saudaranya ketika yang lain sibuk dengan urusannya masing-masing. Semoga mereka terus diberi kemudahan untuk berdakwah. Amin.

5.      Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi  konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
6.      Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
7.      Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
8.      Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk  mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar