Kamis, 15 Januari 2015

Tips Aman Berjejaring Sosial

TIPS AMAN BERJEJARING SOSIAL
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang pada umumnya individu atau organisasi yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman keturunan dll.
Di era sekarang jejaring sosial banyak diminati oleh semua kalangan, dari yang hanya sekedar sharing foto, berbagi video, tempat, tulisan, kejadian, sampai jadi lahan bisnis online yang lumayan. Meskipun demikian, kita harus bias menyikapi dengan baik saat menggunakan jejaring sosial. Selalu ingat bahwa apa yang ditulis disitus jejaring sosial dapat dibaca oleh banyak orang dan tersebar luas. Dampaknya bias merugikan diri sendiri atau pihak lain dan berujung pada tuntutan hukum.

Berikut tips aman berjejaring sosial :
1.      Jangan menuliskan alamat lengkap
Alamat merupakan hal vital, karena seseorang akan mudah menemui anda di alamat tersebut. Jika memang untuk tujuan bisnis maka usahakan pengaturannya privat. Yaitu hanya teman yang dapat melihat alamat tersebut.
2.      Jangan tuliskan nomor telpon secara lengkap dijejaring sosial
Memprivasikan nomor telepon akan meminimalisir tindak kejahatan orang iseng yang kurang bertanggungjawab.
3.      Gunakan foto yang sopan
Setiap jejaring sosial biasanya terdapat foto profil atau koleksi foto pengguna. Saat mengupload foto usahakan foto dengan pakaian sopan tidak menimbulkan nafsu bagi para pengunjungnya. Karena jika hal tersebut disepelekan maka akan menimbulkan bahaya bagi anda utamanya para wanita.
4.      Waspada saat login dikomputer warnet dan membiasakan mengubah password secara berkala
Menggunakan jejaring sosial diwarnet sangat beresiko terhadap keamanan pasword anda, karena saat ini banyak dijumpai software yang bisa menjebol pasword pengguna yang pernah login ditempat tersebut. Jangan pernah menyimpan kata sandi dan alamat email diperangkat tersebut, pastikan setelah selesai untuk lougout dan alamat email tidak muncul dijejaring sosial tersebut. Dan selalu mengganti pasword secara berkala agar lebih aman.
5.      Selektif menerima pertemanan
Usahakan berteman di jejaring sosial dengan orang yang dikenal secara pribadi, seperti keluarga, teman sekolah, rekan kerja, partner bisnis dan sebagainya serta dalam  menerima pertemanan jangan lupa lihat terlebih dahulu profilnya, ketika anda benar kenal dan yakin maka terimalah permintaan pertemanan tersebut. Karena untuk meminimalisir modus kejahatan yang akan membahayakan diri anda. Usahakan seteliti mingkin dalam menerima pertemanan.
6.      Jangan asal membuat status dan komentar
Apa yang ditulis melalui akun sosial media dapat dibaca oleh semua orang. Alangkah baiknya jika kita berfikir terlebih dahulu sebelum memposting sesuatu. Sebisa mungkin jangan membagikan informasi yang sangat privasi bagi kita seperti curhatan masalah pribadi dan menjelek-jelekan orang lain. Serta berhati-hati saat hendak memberikan komentar ke instansi atau lembaga-lembaga resmi serta kepada orang lain yang akan menyebabkan di bawa kerana hukum.
7.      Selalu waspada
Jangan terlalu mudah percaya kepada orang-orang yang tidak di kenal di dosial media. Jika ada yang mengajak anda bertemu langsung ajaklah teman atau saudara anda untuk menemani dan bertemu di tempat yang ramai. Waspada jika orang yang tidak dikenal mulai menanyakan alamat dan nomor telepon, serta waspada kepada teman yang anda kenal bertingkah tidak seperti biasanya (bisa jadi bermiat untuk menghack akun anda).

Demikian tips aman berjejaring sosial semoga bermanfaat……… :)

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar